Sabtu, 05 November 2016

Gampang Lelah dan Mengantuk ? Inilah Penyebabnya

Gampang Lelah dan Mengantuk

Ada beberapa saat dimana kita tidak dapat melakukan aktivitas kita dengan tidak semangat, yang disebabkan karena kondisi tubuh sering mengantuk dan juga lemas.

Lalu apa sebenarnya penyebab yang dapat menjadikan tubuh kita menjadi lemas dan juga sering mudah merasa ngantuk? berikut adalah beberapa penyebab yang sering menjadikan tubuh mengantuk dan lemas.

Inilah Beberapa Penyebab yang Sering Membuat Lelah dan Mengantuk :

1. Insomnia

Anda pasti pernah mendengar atau juga mengalami Insomnia, dan apakah Anda tahu tentang Insomnia? Ya. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur pada malam hari karena suatu hal lain.

Beberapa orang menyebutkan bahwa insomsnia merupakan salah satu faktor utama penyebab dari rasa lelah, lemas, dan juga rasa mengantuk yang dialami olehseseorang keesokan harinya.

2. Terlalu Banyak Aktivitas

Salah satu penyebab mengantuk dan lemas juga terjadi kepada tubuh kita adalah aktivitas yang berlebihan . Ketika melakukan suatu aktivitas secara berlebihan , secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas.

Apabila dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan.

3. Kelebihan Kafein

Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi terlalu banyak, itu benar benar dapat menjadi alasan Anda akan merasa lelah sepanjang waktu.

Bagi banyak orang, secangkir kopi meningkatkan suasana hati mereka dan fungsi otak. Namun pada kenyataannya meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi, membuat Anda cepat lelah. Bahkan memiliki efek dehidrasi pada tubuh Anda.

4. Kurang olahraga

Olahraga membantu Anda merasa energik dan menangkal kelelahan. Tapi gaya hidup yang sibuk masa kini membuat orang merasa sulit untuk meluangkan waktu, untuk olahraga secara rutin.

Baca Juga : Suplemen Penambah Stamina

Manfaat olahraga teratur tidak terbatas dan menjaga Anda tetap merasa energik adalah salah satu manfaatnya. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Psychotherapy and Psychosomatics telah menemukan bahwa olahraga secara teratur mengurangi gejala kelelahan hingga 65 persen.

5. Stres

Stres, baik fisik dan mental, dapat menyebabkan kelelahan. Stres membuat otak Anda kehilangan bahan kimia yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap berenergi. Hal ini dapat menurunkan tingkat energi Anda dan membuat Anda merasa lelah di siang hari. Anda juga mungkin merasa sulit untuk tertidur di malam hari.

6. Obesitas

Obesitas karena pola makan yang tidak benar dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi tingkat energi Anda dan membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Bahkan, kegemukan itu sendiri juga cenderung meningkatkan risiko mengurangi tingkat aktivitas fisik Anda, terutama pada wanita.

7. Kurang Vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh akan berkurang, sehingga infeksi tubuh yang disebabkan oleh bakteri dan virus, dapat dengan mudah menyerang dan masuk ke dalam tubuh. Individu dengan kekurangan vitamin C bisa  menjadi mudah marah atau mengalami penurunan suasana hati dengan cepat.

Baca juga : NAC 1000mg Suplemen Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gejala awal seseorang yang kekurangan vitamin C  adalah cenderung mudah lelah dan mengalami penurunan energi. Karena kelelahan kronis adalah gejala yang bisa ditimbulkan dari banyak penyakit lain.

Mungkin itulah beberapa penyebab menjadi tubuh gampang lelah dan juga mengantuk, dan perlu diingat asupan suplemen Vitamin C itu penting bagi kesehatan tubuh dan juga yang lainya.

Semoga Bermanfaat :)




8 komentar

  1. imsomnia, dan kurang vitamin c kayanya yang jadi penyebab saya teh jadi cepat lelah dan ngantuk tiap jam 12 an siang ke sekarang ini nih...ngantuknya banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah kang, harus diperbaiki lagi tuh dan ubah kebiasaan yang buruk :)
      kalau bisa sih dibarengi dengan asupan suplemen biar makin top lagi :)

      Hapus
  2. kelebihan kafein penyebab kantuk juga ya mas..

    BalasHapus
  3. Kalo saya kayaknya kekurangan vitamin C dan kurang olahraga yang membuat rasa mengantuk ini... Itu sebabnya suplemen selalu mengandung vitamin C yah kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul kang, harus lebih rajin lagi olahraganya dan jangan lupa juga dengan asupan suplemen, karena Vitamin C sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh :)

      Hapus
  4. Terlalu banyak aktivitas, kurang tidur, kurang olah raga, terlalu banyak kafein, saya banget ituh, kuarangin dikit ahh, biar gak cepet lelah dan mengantuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee iyah kang, perbaiki lagi kebiasaan yang buruk.. hidup sehat kan kita juga yang ngerasain :)

      Hapus
  5. Sepertinya kalau saya mah jarang olahraga serta stres deh kang yang menjadi penyebab mudah sekali lelah dan juga ngantuk, tapi kalau obesitas kayaknya gak deh kang karena badan saya kan gimana gituh, ahi hi hi.

    BalasHapus

-Pasti saya kunjungi balik :)
EmoticonEmoticon