Jumat, 24 Agustus 2018

Tips Kulit Berminyak Agar Tidak Mudah Jerawatan

how to avoid acne for oily skin
image: healthlovein

Kulit berminyak memiliki kelebihan, yaitu tidak akan cepat menua. Karena biasanya kulit yang kering lebih cepat muncul keriput apabila kelembabannya tidak tercukupi. Akan tetapi kulit berminyak belum tentu sudah cukup lembab, hanya saja produksi minyak membuat permukaan kulit tampak elastis sehingga yang kamu butuhkan adalah menjaga kadar minyak di wajah ini di ambang batas wajar supaya tidak terkesan 'kilang minyak'.

Kulit Berminyak Tidak Butuh Pelembab = SALAH!


best moisturizer for oily skin
image: makeupandbeautycom

Bagi kamu yang merasa bahwa kulit berminyak menjadi tambah berminyak gara-gara pelembab, ini tidak benar. Karena kulit berminyak tetap butuh pelembab untuk menyeimbangkan kadar pH di wajah. Apabila tidak diberi pelembab, kulit akan dehidrasi dan memberontak dengan cara memproduksi minyak lebih banyak. Yang benar itu gunakan pelembab yang dikhususkan untuk kulit berminyak ketimbang pelembab yang mengklaim 'cocok untuk semua jenis kulit'. Produk yang spesifik memberi kamu solusi yang tepat sasaran.

Jika sedang mencari tahu ciri produk yang baik untuk kulit berminyak, pertimbangkan komponen-komponen ini.

  • Hyaluronic Acid/asam hyaluronat. Bekerja mengikat kelembaban yang didapat dari air atau suhu di dalam ruangan/lingkungan yang lembab, efektif dirasakan setelah mencuci wajah. Komponen ini juga hadir di sejumlah produk pencuci wajah. 
  • Greentea. Teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk diet, tapi juga digunakan ke dalam produk kosmetik agar dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Greentea kaya akan antioksidan yang bisa menghambat penuaan sehingga bisa juga digunakan untuk jenis kulit kombinasi.
  • Tea Tree. Tumbuhan yang digunakan sebagai antiseptik dan anti iritasi ini baik untuk kulit berminyak, selain mencegah pertumbuhan bakteri jahat penyebab jerawat, tea tree juga dapat mengontrol minyak. 


Kulit Berminyak Harus Sering-Sering Cuci Muka = SALAH!


how to wash oily skin correctly
image: sistacafecom

Selesai mencuci wajah, beberapa produk pencuci meninggalkan rasa kesat di kulit sehingga beberapa orang dengan kulit berminyak cenderung ketagihan dengan sensasi tersebut. Perlu diketahui, rasa kesat yang didapat setelah mencuci wajah itu sebenarnya bukan hal positif. Memang kulit seolah kering dan bebas minyak tetapi malah akan memicu produksi minyak lebih banyak dari sebelum kita mencuci. Lalu bagaimana cara membersihkan wajah berminyak yang tepat?


  • Double cleansing method. Bersihkan wajah dalam 2 tahap minimal 1 kali dalam sehari. Pertama, gunakan milk cleanser atau micellar water setelah itu baru cuci wajah dengan air dan sabun. Pembersihan metode ini dapat menghilangkan kotoran hingga ke dalam pori serta mengusir komedo membandel.
  • Pilih sabun muka yang tidak meninggalkan efek kesat setelah mencuci, biasanya yang mengeluarkan banyak busa tetapi belum tentu semua yang banyak busa bikin kulit kering.
  • Cuci muka dengan sabun 2 kali sehari saja, pagi dan malam. Di luar itu kamu cukup membasuhnya saja dengan air misalnya saat berwudhu.
  • Produk pencuci yang memiliki butiran scrub sebaiknya digunakan 2 kali dalam seminggu, jangan setiap hari karena jika terlalu sering malah akan membuat kulit jadi tipis.
Jika kulit yang berminyak mendapat perawatan yang tepat, minyak di wajah akan jadi lebih terkontrol dan riasan pun akan bertahan lebih lama. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen pemutih yang direkomendasikan untuk kulit berminyak agar pori-pori ikut mengecil.

10 komentar

  1. Saya tergolong tipe kulit berminyak dulu sebelum saya tahu, kalau pas kulit berminyak terus cuci muka pakai sabun. Kini saya hindari, cukup pakai air saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuci muka dengan sabun cukup 2 kali sehari, di luar itu cukup basuh dengan air misalnya seperti saat kita berwudhu.

      Hapus
  2. Baru tau si kak, aku mikirnya kalo uda minyakan tu gausa dipakein pelembab, karna bakal jadi minyak juga entar malah mungkin tambah banyakk. Sangat membantu si kakkk, mengubah mindset aku gituu wkwkwk terimakssiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sama-sama semoga artikel ini bisa bermanfaat terutama untuk yang berjenis kulit berminyak.

      Hapus
  3. Kulit saya normal cenderung sering kering, kadang iri ama temen-temen yang kulitnya lentur meski berminyak hehehe.

    Saking gak nyaman kalau kulit terasa kering, saya sering olesin olive oil di wajah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olive oil itu minyak zaitun ya? Kalo saya dulu olive oil dijadikan first cleansing untuk menghapus make up sebelum face wash, cuman sekarang udah praktis ada micellar water hihihi.

      Hapus
  4. Kenapa kulit berminyak nggak bisa dijadikan tambang mintmi, biar lumayan buat penghasilan ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena belum diketahui manfaat dari minyak wajah jadinya nggak ditambang. Haha

      Hapus
  5. Thks sharingnya, kulit aku termasuk jenis berminyak nih.. ada untungnya juga sih gak mudah menua.. tapi yang bikin rese itu jadi gampang jerawatan.. dan bekasnya itu juga gak bagus bgt ya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus pakai skincare mbak yang bisa ngontrol minyak supaya gak gampang jerawatan. Pembersihan wajahnya juga perlu dua tahap.

      Hapus

-Pasti saya kunjungi balik :)
EmoticonEmoticon